Minggu, 09 Oktober 2011

METODE RISET


BAB I
Latar Belakang
A. Fenomena
Kompas.com/ Agung Kurniawan
Penjualan Motor Ukir Rekor Baru Pada bulan Juli 2011 di Indonesia untuk seluruh merek dan kategori
KOMPAS.com — Pasar sepeda motor nasional pada Juli 2011 berhasil mencatatkan rekor bulanan tertinggi sepanjang sejarah Indonesia, yaitu mencapai 740.121 unit. Angka ini naik 11,9 persen dibanding Juni yang mencapai 661.304 unit. Jumlah itu lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang pernah dicapai pada Agustus 2010, yakni 734.439 unit.
Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh Kompas.com, hari ini (10/8), Honda masih memimpin pasar dengan penjualan tertinggi 363.400 unit, diikuti Yamaha dengan 312.906 unit, Suzuki 50.667 unit, Kawasaki 10.071 unit, TVS 3.047 unit, dan Kanzen 30 unit.
Auddie Wiranata, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, lonjakan pasar yang terjadi pada bulan ketujuh sudah diprediksi sebelumnya. "Ini kenaikan tahunan menjelang Lebaran. Pasar berhasil mencatatkan rekor baru," ucap Auddie kepada Kompas.com di Jakarta Selatan, semalam (9/10).
Kembali pada data penjualan, secara kumulatif, volume pasar sepeda motor nasional Januari-Juli 2011 mencapai 4.813.969 unit, naik 11,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 4.310.726 unit. Dari segi penguasaan pasar, Honda berada paling atas dengan 51,18 persen, Yamaha 40,89 persen, Suzuki 6,37 persen, Kawasaki 1,24 persen, TVS 0,31 persen, dan Kanzen 0,01 persen.


B. Riset Terdahulu
Penjualan sepeda motor pada bulan Januari-Juli 2011 anggota AISI berdasarkan merek dan kategori
Merek
Jan
Feb
Mar
April
Mei
Juni
Juli
Total
Pangsa (%)
Honda
331.986
319.954
338.582
370.737
377.517
361827
363.400
2.464.003
51,18
Yamaha
277.686
243.810
319.686
288.779
281.952
243.771
312.906
1.968.590
40,89
Suzuki
47.614
40.338
44.618
39.621
39.851
43.744
50.667
306.453
6.37
Kawasaki
8.762
7.607
8.433
7.511
7.578
9.556
10.071
59.518
1,24
TVS
1.016
1.680
2.293
2.479
2.179
2.371
3.047
15.065
0,31
Kanzen
60
60
60
50
45
35
30
340
0,01
Total Pasar
667.124
613.449
713.672
709.177
709.122
661.304
740.121
4.813.969
100








 Sumber: AISI
C. Motivasi Penelitian
Agar kita dapat mengetahui tingkat penjualan motor terhadap persaingan industry motor dinegara kita, dan merek motor  apa saja yang dapat menguasai pasar sepeda motor dinegara kita, dan berapa unit motor yang laku terjual dari bulan Januari sampai bulan Juli 2011

D.  Masalah:
Sehubungan dengan hal diatas, maka timbul pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Dampak Apa saja yang timbul bila produsen motor memproduksi  motornya terus menerus?
2. Kenapa masyarakat lebih condong ke merek honda dari pada merek-merek lain?
3. Apakah dengan banyaknya sepeda motor di negara ini bisa menjamin efisien dan efektifitas dalam kegiatan sehari-hari?


E. Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positive dan negative terhadap penjualan motor di indonesia dan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap tingkat penjualan motor pada bulan januari sampai juli 2011.


Nama               :Radityo Dami Andoro
Kelas               :3EA13
Npm                :12209776

Tidak ada komentar:

Posting Komentar