BAB I
Latar Belakang
A. Fenomena
Kompas.com/ Agung Kurniawan
Penjualan Motor Ukir Rekor Baru Pada bulan Juli 2011 di Indonesia untuk seluruh merek dan kategori
KOMPAS.com — Pasar sepeda motor nasional pada Juli 2011 berhasil mencatatkan rekor bulanan tertinggi sepanjang sejarah Indonesia, yaitu mencapai 740.121 unit. Angka ini naik 11,9 persen dibanding Juni yang mencapai 661.304 unit. Jumlah itu lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang pernah dicapai pada Agustus 2010, yakni 734.439 unit.
Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh Kompas.com, hari ini (10/8), Honda masih memimpin pasar dengan penjualan tertinggi 363.400 unit, diikuti Yamaha dengan 312.906 unit, Suzuki 50.667 unit, Kawasaki 10.071 unit, TVS 3.047 unit, dan Kanzen 30 unit.
Auddie Wiranata, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, lonjakan pasar yang terjadi pada bulan ketujuh sudah diprediksi sebelumnya. "Ini kenaikan tahunan menjelang Lebaran. Pasar berhasil mencatatkan rekor baru," ucap Auddie kepada Kompas.com di Jakarta Selatan, semalam (9/10).
Kembali pada data penjualan, secara kumulatif, volume pasar sepeda motor nasional Januari-Juli 2011 mencapai 4.813.969 unit, naik 11,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 4.310.726 unit. Dari segi penguasaan pasar, Honda berada paling atas dengan 51,18 persen, Yamaha 40,89 persen, Suzuki 6,37 persen, Kawasaki 1,24 persen, TVS 0,31 persen, dan Kanzen 0,01 persen.
Penjualan sepeda motor pada bulan Januari-Juli 2011 anggota AISI berdasarkan merek dan kategori
Merek | Jan | Feb | Mar | April | Mei | Juni | Juli | Total | Pangsa (%) |
Honda | 331.986 | 319.954 | 338.582 | 370.737 | 377.517 | 361827 | 363.400 | 2.464.003 | 51,18 |
Yamaha | 277.686 | 243.810 | 319.686 | 288.779 | 281.952 | 243.771 | 312.906 | 1.968.590 | 40,89 |
Suzuki | 47.614 | 40.338 | 44.618 | 39.621 | 39.851 | 43.744 | 50.667 | 306.453 | 6.37 |
Kawasaki | 8.762 | 7.607 | 8.433 | 7.511 | 7.578 | 9.556 | 10.071 | 59.518 | 1,24 |
TVS | 1.016 | 1.680 | 2.293 | 2.479 | 2.179 | 2.371 | 3.047 | 15.065 | 0,31 |
Kanzen | 60 | 60 | 60 | 50 | 45 | 35 | 30 | 340 | 0,01 |
Total Pasar | 667.124 | 613.449 | 713.672 | 709.177 | 709.122 | 661.304 | 740.121 | 4.813.969 | 100 |
| | | | | | | |
Sumber: AISI
C. Motivasi PenelitianAgar kita dapat mengetahui tingkat penjualan motor terhadap persaingan industry motor dinegara kita, dan merek motor apa saja yang dapat menguasai pasar sepeda motor dinegara kita, dan berapa unit motor yang laku terjual dari bulan Januari sampai bulan Juli 2011
D. Masalah:
Sehubungan dengan hal diatas, maka timbul pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Dampak Apa saja yang timbul bila produsen motor memproduksi motornya terus menerus?
2. Kenapa masyarakat lebih condong ke merek honda dari pada merek-merek lain?
3. Apakah dengan banyaknya sepeda motor di negara ini bisa menjamin efisien dan efektifitas dalam kegiatan sehari-hari?
E. Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positive dan negative terhadap penjualan motor di indonesia dan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap tingkat penjualan motor pada bulan januari sampai juli 2011.
Nama :Radityo Dami Andoro
Kelas :3EA13
Npm :12209776
Tidak ada komentar:
Posting Komentar